Beberapa Jenis Bahan Jilbab Instan Yang Tidak Kasar

Jilbab telah menjadi bagian dari industri fashion di Indonesia. Berbagai macam model pun telah banyak dikeluarkan dari para produsen jilbab terbaru . Banyak juga para wanita yang hanya sekedar mengikuti tren, namun tidak sedikit pula yang memang berniat untuk mentaati perintah agama untuk menutup aurat. Kalangan artis pun sudah banyak yang berpenampilan muslimah dan menjadi tren fashion muslimah di Indonesia. Tapi tahukah anda jenis bahan jilbab instan yang tidak kasar apa saja yang biasanya digunakan untuk membuat jilbab?

Sebagai seorang konsumen yang cerdas, anda harus tahu jenis bahan jilbab yang akan anda beli ataupun yang sedang anda gunakan. Hal ini tentunya bisa menjadi pengetahuan dasar untuk memahami tiap tiap barang yang dikenakan oleh diri sendiri. Dan memang lebih baik jika kita menggunakan bahan jilbab instan yang tidak kasar.

Bahan jilbab merupakan bagian terpenting dalam pemilihan jilbab. Walaupun motif dan juga model yang dipilih mengikuti tren saat ini, namun jika jenis bahan yang digunakan tidak sesuai maka kita pun menjadi tidak nyaman saat mengenakannya. Bisa jadi bahan tersebut memiliki sifat panas, tidak menyerap keringat, ataupun mudah sekali kusut saat digunakan. Atau bisa jadi bahan tersebut memiliki karakter yang baik, seperti misalnya bahan jilbab instan yang tidak kasar, lembut, mudah menyerap keringat, dan sebagainya.

Beberapa Jenis Bahan Jilbab Instan Yang Tidak Kasar

Di pasaran sendiri sudah banyak sekali jenis jilbab dengan berbagai model dan bahan yang digunakan. Setiap bahan tentunya memiliki ciri-ciri dan sifat yang berbeda beda pula. Berikut adalah beberapa bahan yang biasanya digunakan dalam pembuatan jilbab instan dan memiliki sifat bahan jilbab instan yang tidak kasar dan nyaman saat digunakan.

  1. Spandex

Bahan spandek memiliki tekstur yang tidak kasar, halus, lembut, dan melar. Bahan ini juga dapat menyerap keringat, sehingga jika digunakan ketika cuaca sedang panas tetap akan terasa nyaman. Jenis bahan spandex juga ada beberapa jenis. Salah satunya ialah spandex sutra yang kerapkali dijadikan bahan untuk pembuatan jilbab.

  1. Kaos

Jilbab berbahan kaos juga memiliki tekstur yang tidak kasar, dan lembut saat digunakan. Namun kekurangannya ialah bahan tersebut cepat mulur/kendur jika sering digunakan.

  1. Voile

Jilbab dengan bahan ini mempunyai tekstur yang tidak kasar, lembut, dan terasa nyaman saat digunakan. Dengan tekstur yang dimiliki oleh bahan jenis ini seharusnya akan banyak orang yang menyukainya, namun sayangnya tidak terlalu banyak orang yang mengenal jenis bahan ini.

  1. Sutra

Jilbab dengan jenis bahan ini memiliki sifat lembut, tidak kasar, dan tipis. Bahan ini ialah jenis bahan yang mahal jika dibandingkan dengan jenis-jenis bahan lainnya. Dengan segala kelebihan yang dimiliki oleh sutra, jilbab dengan bahan ini menjadi nyaman sekali saat digunakan. Jilbab dengan bahan sutra cocok sekali untuk digunakan untuk aktivitas sehari-hari maupun ke pesta. Kekurangan yang dimiliki oleh bahan ini ialah mudah sekali luntur, mudah kusut, serta membutuhkan perawatan yang khusus agar tetap awet.

  1. Spandek Rayon

Bahan jenis ini ialah campuran dari serat spandek non rayon. Rayon sendiri sering disebut juga sebagai linen. Dan memiliki tekstur yang serupa dengan katun, namun jauh lebih lembut, adem, serta dapat menyerap keringat. Akan tetapi bahan ini mudah sekali kusut. Sehingga dengan perpaduan spandek dan rayon maka menjadi bahan dengan tekstur yang lembut, elastis, tidak mengkilat, dan adem pada saat digunakan. Sedangkan untuk spandek rayon super merupakan jenis bahan yang kualitasnya lebih bagus. Karakteristik kainnya sebenarnya sama, namun sedikit lebih tebal dari spandek rayon yang biasa.

Bahan jilbab instan yang tidak kasar berikutnya ialah Polyspun. Jenis ini ialah jenis kain yang berasal dari serat sintetis/polyester, dengan proses pengerjaan melalui pemintalan. Polyspun ini memiliki sifat tidak mudah kusut,  susut, dan cepat kering. Bahan jenis ini jauh lebih baik daripada jenis katun paris, karena terasa lebih lembut enak digunakan.