4 Contoh Peluang Usaha Makanan

Setelah membahas tentang peluang usaha dengan modal kecil, maka sekarang kita membahas tentang peluang usaha di bidang makanan. Usaha makanan menjadi salah satu bisnis yang terus mengalami perkembangan setiap tahunnya. Ada banyak aneka makanan baik dari yang tradisional hingga makanan yang modern. Tetapi bagaimana jika anda tidak memiliki banyak modal untuk membuka usaha makanan? jenis makanan juga sudah sangat beragam apakah anda bisa bersaing?

Sebenarnya kunci keberhasilan dari usaha makanan salah satunya adalah ke unikan dari makanan itu sendiri. Semakin enak rasanya ditambah lagi jenisnya yang unik pasti akan menarik minat masyarakat. Selain mempertimbangkan rasa dan bentuk anda harus pintar dalam menganalisis lingkungan, apakah cocok jika anda membuka makanan yang anda inginkan di lingkungan tersebut.

Beberapa makanan yang menjadi buruan masyarakat dengan modal yang sedikit dan tetap berkembang sampai saat ini :

  1. Usaha Makanan Keripik

    Setiap orang pasti harus punya persediaan makanan ringan untuk ngemil baik di rumah, di kantor maupun saat mereka sedang melakukan perjalanan jauh. Peluang usaha makanan keripik sebenarnya mudah dan target pasar juga luas. Selain bahan yang mudah anda dapatkan dengan harga yang murah, alat yang digunakan juga tidak terlalu banyak.

    Banyak jenis keripik seperti keripik singkong, talas, pisang, tempe, bayam, daun singkong, dan masih banyak yang lainnya. Kunci agar usaha keripik bisa berkembang adalah membuat rasa dan yang unik dari produk, selain itu untuk target pasar lebih baik jika dari anak-anak sampai orang tua bisa menikmatinya.

  1. Usaha Makanan Seblak

    Seblak merupakan makanan yang lagi populer dan sekarang ini seblak menjadi makanan yang selalu dicari oleh anak muda. Bahan yang ada dalam seblak tidak sulit untuk anda mencarinya, seperti kerupuk, ayam, sayur-sayuran dan lainnya tergantung jenis seblak apa yang akan anda pilih.

    Jenis seblak sudah mulai beragam sesuai dengan keinginan dan selera masyarakat. Seblak juga bisa dibuat lauk untuk makan. Keuntungan yang anda dapat juga cukup besar, jadi mulailah memikirkan untuk menambah menu baru buat seblak yang enak.

  1. Usaha Makanan Dendeng Jantung Pisang

    Siapa sangka jantung pisang yang dikira tidak bisa diolah menjadi makanan yang lezat justru sekarang menjadi menu yang dicari oleh masyarakat khususnya Indonesia. Bahan utamanya mudah kita dapatkan karena setiap daerah di indonesia saya kira selalu ada pohon pisang. Selain makanan yang tradisional dendeng jantung pisang bisa menjadi ciri khas terbaru di Indonesia.

    Setelah anda bisa mengolah dendeng jantung pisang anda bisa berjualan keliling, dititipkan ke toko itu tidak butuh modal banyak. Tetapi jika kalian berani membuka rumah makan sendiri memang modal yang dibutuhkan banyak tapi sebanding juga dengan pendapatan yang akan diterima juga tinggi.

  1. Usaha Makanan Aneka Jajanan Pasar

    Jajan pasar jika dilihat memiliki peluang usaha yang menjanjikan, memang bukan merupakan kebutuhan pokok namun jajan pasar sering dicari dikala pagi hari ataupun jika ada kegiatan. Anda bisa membuat jajan pasar dari bahan yang mudah anda dapatkan dan tentunya harganya murah.

    Menjual jajan pasar tidak harus dengan membuka toko, anda bisa berkeliling atau menitipkan ke toko-toko kue jajan pasar. Yang penting dipertimbangkan adalah letak jualan yang strategis.

Bagaimana? Sangat menjanjikan buat anda bukan yang ingin membuka usaha dengan mendapat pendapatan tinggi tapi modalnya sedikit. Untuk sukses di bisnis makanan anda juga perlu menggunakan teknologi dengan menggunakan mesin pengolah makanan dan yang penting lagi untuk diperhatikan adalah bagaimana anda memanfaatkan peluang, cara memasarkan dan ke unikan produk dan target yang menjadi sasaran anda. Selamat berbisnis