3 Peluang Usaha dengan Modal Kecil

Setelah kemarin kita membahas tentang bisnis melalui Instagram, kali ini kita membahas tentang peluang usaha dengan model kecil. Sebagian besar masyarakat beranggapan bahwa setiap bisnis pasti memerlukan modal yang sangat besar. Apakah anda termasuk orang yang beranggapan seperti itu ? jika semua beranggapan seperti itu tidak akan ada orang kecil yang bisa mendirikan usaha, namun buktinya banyak orang kecil bisa sukses menjadi wirausaha.

Penting menumbuhkan jiwa entrepeneur bagi masyarakat karena selain bermanfaat bagi diri sendiri juga akan bermanfaat bagi negara. Kenapa ? karena dengan banyak masyarakat yang memiliki usaha merupakan salah satu cara untuk menopang perekonomian negara. Bagaimana tidak, semakin banyak orang yang mendirikan usaha akan tercipta lapangan pekerjaan sehingga mengurangi pengangguran.

Penting yang harus anda perhatikan dalam memulai bisnis agar bisa berkembang dengan pesat dan maju yaitu dengan menentukan market pasar yang benar. Anda harus mampu bersaing dengan perusahaan yang besar dan anda harus membuktikan bahwa produk anda layak untuk dikenal masyarakat dan tidak kalah kualitasnya.

Ada beberapa peluang usaha yang bisa anda manfaatkan dengan modal yang kecil :

  1. Penulis online

    Perkembangan teknologi mau tidak mau menuntut kita untuk mempelajari dan menggunakannya. Jika anda memiliki bakat menulis tidak ada salahnya jika anda menjual jasa penulis online. Saat ini banyak perusahaan yang mencari jasa tersebut seiring dengan perkembangan internet.

    Modal yang anda keluarkan dalam bentuk uang juga sedikit karena modal penting yang harus anda miliki adalah ketrampilan dalam menulis. Menulis dengan baik dan menarik para pembaca. Selain anda akan mendapatkan penghasilan anda juga akan mendapatkan manfaat untuk mengasah otak anda dan mengupgrade pengetahuan anda.

  1. Usaha dagang menjual sayur keliling

    Masyarakat pasti memiliki kebutuhan pokok yang harus mereka beli setiap harinya seperti sayur-sayuran, bumbu masak dan lainnya. Anda pasti mulai berpikiran, bagaimana jika tidak punya modal cukup untuk membeli bahan-bahannya ? solusinya anda tidak harus memiliki persediaan tapi anda cukup mengambilnya dari supplier.

    Bagaimana jika anda tidak memiliki toko untuk berjualan ? mudah sekali anda hanya perlu membuat gerobak kemudian berjualan secara keliling.

    Tapi anda juga bisa membeli bahan bakunya dari petani langsung karena harganya akan lebih murah dibandingkan dengan anda mengambil dari supplier.

  1. Menjalankan bisnis online dengan membuat blog

    Bisnis online membuat blog menjadi peluang yang cukup baik mengingat pertumbuhan pengguna internet yang semakin bertambah. Setiap orang akan mencari kebutuhan mereka melalui internet untuk mempermudah dan yang lebih cepat. Di Indonesia tidak sedikit blogger yang memiliki penghasilan yang menjanjikan.

    Membangun blog lebih baik jika anda memiliki blog sendiri dengan itu anda akan menjadi brand yang semakin profesional. Jika anda belum memiliki produk anda bisa menjual produk orang lain untuk dipasarkan di blog anda. Nantinya produk tersebut akan dikenal oleh semua masyarakat dunia. Anda perlu memiliki website sendiri untuk membangun sebuah blog, Anda bisa membuat website sendiri atau menggunakan jasa konsultan IT profesional untuk membantu Anda membuat website yang berkualitas.

Poin-poin tersebut merupakan beberapa contoh dari peluang usaha dengan modal yang kecil tetapi menjanjikan. Masih banyak peluang yang anda bisa manfaatkan melihat dari perkembangan teknologi dan berdasarkan hobi anda. Jika anda bekerja sesuai dengan hobi anda dapat mempermudah dalam menyelesaikan pekerjaan anda.

Jangan takut untuk memulai bisnis dari modal yang kecil karena setiap usaha dan kerja keras akan membuahkan hasil sesuai dengan yang diinginkan. Selama bisnis dikelola dengan baik maka bisnis yang terbentuk dari modal yang kecil bisa menjadi pekerjaan yang menghasilkan pendapatan tinggi.