Wisata Pantai di Gunung Kidul dengan Pemandangan Eksotis

Jogjaku memang kota yang tidak henti-hentinya memanjakan wisatawan dengan beragam wisata yang dimilikinya. Di kota gudeg ini kamu bisa menemukan beragam jenis wisata, mulai dari wisata alam, edukasi, sejarah, candi, dan lain sebagainya.

Jika kamu sedang merencanakan perjalanan ke Jogja dan ingin menghabiskan waktu untuk bermain di pantai, ada salah satu pantai di Jogja yang penulis rekomendasikan untuk kamu kunjungi, yaitu Pantai Indrayanti.

Pantai Indrayanti merupakan salah satu destinasi untuk kategori pantai yang kerap menjadi favorit wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk dikunjungi saat liburan. Pantai Indrayanti berlokasi di Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya pada Kecamatan Tepus.

Sama halnya dengan kebanyakan pantai yang berada pada wilayah Gunung Kidul, pantai ini juga memiliki karakteristik pantai yang khas dengan pasir putihnya yang halus. Lantas, apa perbedaan Pantai Indrayanti dengan kebanyakan Pantai di kawasan Gunung Kidul lainnya? Yuk simak lebih lanjut!

Foto Pantai Indrayanti

Berbeda dengan kebanyakan pantai lainnya yang terkadang terlihat sedikit kotor dengan penampakan sampah di sekitar bibir pantai, Pantai Indrayanti merupakan salah satu pantai di Jogja yang dikelola dengan sangat memperhatikan kebersihannya.

Hal ini akan terbukti ketika kamu menginjakkan kaki ke salah satu wisata jogja ini, maka sepanjang bibir pantai khususnya, akan terlihat bersih tanpa adanya sampah yang berserakan. Hal tersebut tidak lepas dari adanya peran dari pengelola setempat.

Untuk menjaga agar pantai tetap bersih, pengelola rutin melakukan pembersihan sampah yang ada. Selain itu, pengelola juga menerapkan sistem denda untuk wisatawan yang “nakal” membuang sampah tidak pada tempatnya. Denda yang diberikan berupa uang sebesar Rp. 10.000. Sehingga diharapkan nantinya akan ada efek jera kepada wisatawan tersebut.

Untuk dapat mencapai ke Pantai Indrayanti dari pusat kota Jogja, kamu kurang lebih harus menempuh perjalanan selama 2 jam. Namun, tenang saja, karena akses untuk menuju pantai ini sudah terbilang cukup bagus. Hanya saja sepanjang perjalanan, kamu akan diajak untuk melewati banyak kelokan, tanjakan, dan turunan. Jadi, persiapkan segala halnya ya!