Sebelum Pelajari Topologi Jaringan, Pahami Dulu kelima Dasar ini

Ada beberapa hal dasar yang harus dipahami sebelum mempelajari topologi jaringan. Bahkan kalau belum tau pengertian topologi jaringan, maka akan saya beri tau terlebih dahulu.

Secara umum, topologi jaringan adalah salah satu inti jaringan yang bekerja pada jaringan komputer.

Namun, kenapa kali ini kita membahas soal hal dasar terlebih dahulu sebelum berlanjut ke topologi jaringan?

Sebab ternyata ada yang jauh lebih penting ketimbang langsung berlanjut mempelajari topologi jaringan. Kamu pun bisa dengan mudah menpdapatkan banyak materi seputar macam-macam topologi jaringan beserta pengertiannya secara lengkap di internet.

Beda dengan 5 hal dasar yang harus kamu ketahui ini. Kamu jarang mendapatkan di banyak sumber. Maka kali ini saya akan membahasnya.

Jadi apa saja kelima hal dasar ini? Yuk, simak satu per satu!

1. Media Transmisi

Perangkat penghubung jaringan komputer seperti LAN dan WAN.

Pentingnya peran media transmisi pada komputer. Jika tak ada media transmisi, maka sebuah jaringan takkan berhasil dibangun.

Jenis media transmisi ada dua, yaitu yang memakai kabel dan tidak menggunakan kabel seperti wireless.

2. Network Interface Card (NIC)

Biasa disebut dengan kartu jaringan. Network Interface Card (NIC) ini bentuknya fisik supaya bisa terhubung dengan komputer/laptop.

Kecepatan Network Interface Card (NIC) ini pun beragam. Mulai dari yang paling kecil hingga paling besar yaitu 1.000 Mbps.

3. Network Operating System (NOS)

Bahasa Indonesianya adalah Sistem Operasi Jaringan. Yaitu sebuah sistem yang berperan dalam menangani permasalahan pada sebuah jaringan.

Permasalahannya seputar FTP , DNS Server, Mail Server, manage bandwitch, menatur lalu lintas pengunjung secara mendadak, Bad Gateway, dan lalu lintas lainnya yang berhubungan dengan jaringan.

Sangat penting fungsi Network Operating System ini sebelum mengendalikan cara kerja topologi jaringan.

4. Dasar Perangkat pada Jaringan

Ya, bahkan sebelum membuat jaringan pun punya dasar perangkatnya. Mereka adalah Switch, Router, dan HUB.

Peran mereka sangat erat dengan OSI Layer yang menciptakan kemampuan berbeda. Untuk hal ini sebenarnya cukup panjang ya. Karena peran ketiga perangkat di atas sangatlah rinci. Jadi mungkin akan saya bahas di lain waktu ya!

5. Protokol Jaringan

Yang terakhir adalah pprotokol jaringan yang berfungsi mengatur data lalu lintas pada sebuah jaringan dasarnya terlebih dahulu, baru topologi jaringan.

Jenis Protokol jaringan yang selalu digunakan yaitu Protokol jaringan Aplikasi, Protokol Jaringan Transportasi, dan Protokol Jaringan Komunikasi.

 

Sekarnag sudah jelas ya pengeertian dasar yang terpenting sebelum memulai topologi jaringan. Harapannya bagi kamu yang sedang mempelajari ilmu jaringan yang cukup luas ini, kamu akan mengetahui dasar-dasar jaringan terlebih dahulu sehingga bisa dengan mudah mempelajari protokol jaringan yang sangat rinci dan tidak mudah.