Persiapan Alat dan Bahan Untuk Fumigasi

Fumigasi ialah sebuah metode pembasmian hama secara tuntas tanpa merusak nilai dan fisik barang-barang ataupun produk serta resiko pencemaran residu melalui sistem kerja yang cepat, tepat, dan juga murah meria yakni hanya dengan menggunakan gas toksik yang disebut fumigan. Fumigasi itu sendiri juga menjadi suatu syarat diterimanya barang impor di beberapa negara barat, seperti Australia. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya barang yang terkontaminasi terhadap suatu hama dengan membuat nilai barang tersebut menjadi turun bahkan di tolak oleh penerima. Faktor utama dari kegagalan ini ialah profesionalisme sang pengelola barang serta kecurangan dalam mengaplikasikan fumigasi yang berada di bawah standar. Oleh karena itulah proses ini wajib diperhatikan secara sungguh-sungguh dan teliti terkait bahan dan juga alat untuk fumigasi agar terhindar dari penyebaran hama pada produk.

Persiapan fumigasi kapal menyangkut persiapan alat dan bahan. Ruangan yang akan difumigasi seluruhnya harus kedap udara. Celah atau lubang yang dapat menjadi tempat keluarnya gas ditutup dengan fumigation sheet / cover / plastik sheet dan diisolasi agar tidak bocor. Setelah semua pekerjaan tersebut telah siap lakukan pemeriksaan terakhir untuk memastikan bahwa area sekitarnya telah aman seperti yang akan di jelaskan pada pembahasan terkaitpersiapan fumigasi sebagi berikut :

  1. Alat

Alat Pelindung atau Safety : Respirator atau Masker Topi Keselamatan, Canister MB AX, Kotak P3K, Sarung tangan, Sepatu Keselamatan dan Wearpack, dan Tabung Pemadam Kebakaran untuk mengantisipasi adanya kejadian yang tak diinginkan terjadi.

Alat Monitor Gas : Alat Pendeteksi Kebocoran, Alat Pengukur Konsentrasi, dan juga Selang Kapiler,

Alat Aplikasi Gas Methil Bromida (CH3Br) : Selang Gas (Hoses), Connector (Cylinder Draw), T. Pieces, Kunci Inggris, Sand Snakes, Masking Tape, Vaporiser, Clamp, Obeng, Plastik Fumigasi, Timbangan, Nozzles, Tangga Lipat, Kipas Angin, Termometer, Seal Tape, Vacum Cleaner, Alat Petunjuk Bahaya Tanda Awas Bahaya Racun, Hazard Tape

  1. Bahan

Bahan yang biasanya di gunakan dalam proses fumigasi ini adalah gas Methyl Bromide (CH3Br) atau Phostoxin (PH3).