Mengenal Lebih Dekat Tupai Terbang Jawa

Tupai terbang adalah hewan nokturnal, mereka aktif waktu malam. Tupai terbang seringkali melayang-layang pada malam hari karena mereka tidak mahir melarikan diri dari burung pemangsa yang berburu di siang hari. Argumen yang lain ialah tupai terbang bisa dengan gampang mencari makanan pada malam hari, karena indera penciuman mereka begitu tajam.

Tupai terbang mempunyai rutinitas seringkali berpindah-pindah dari sarang satu ke sarang lainnya serta senang share sarang dengan tupai terbang yang lain (5-7 tupai terbang dalam 1 sarang).

Di bagian sisi tubuh mereka di antara kaki depan dan kaki belakang terdapat membran tipis seperti kulit ditutupi bulu yang digunakan untuk melayang.

Meski begitu, tupai terbang sebetulnya tidak dapat terbang seperti burung. Cuma satu mamalia yang betul-betul bisa terbang, yakni kelelawar. Tupai terbang cuma dapat melayang-layang (glide) dari satu pohon ke pohon yang lain atau melaju dari pohon ke tanah tak perlu alami cedera.

 

Kegiatan Tupai Terbang Jawa

Tupai terbang membuat sarang di lubang-lubang di pohon berbatang besar, umumnya pohon mati. Didalam lubang itu, tupai terbang senang menempatkan daun serta ranting untuk bikin sarang mereka bertambah nyaman serta hangat. Sering tupai terbang memakai sarang burung pelatuk yang telah dibiarkan menjadi sarang baru mereka.

makanan tupai terbang jawa
Gambar: masjawa.com

Potensi melayang-layang mereka cukuplah mempesona, sempat terdaftar dapat meniti jarak sampai 90 mtr. jauhnya. Tupai terbang memakai pergelangan tangan mereka menjadi kemudi, sedang ekor berbulu mereka dipakai untuk kesetimbangan serta rem sebelum pendaratan

Rutinitas “share” sarang ini peluang ada hubungan dengan skema pertahanan mereka dalam mengawasi suhu badan saat musim dingin, karena tupai terbang tidak lakukan hibernasi, mereka masih bangun serta aktif mencari makan pada musim dingin sekalinya.

Seperti yang saya lansir dari artikel tupai terbang Saat ini, tupai sugar glider banyak diperjualbelikan menjadi hewan peliharaan mempunyai penampilan fisik yang serupa:

  • Mata besar
  • Sisi perut berwarna putih
  • Serta membran disamping badan yang bisa dipakai untuk melayang-layang

Tupai terbang serta sugar glider ialah datang dari 2 subclass berlainan, mereka cuma berkerabat jauh bukan satu keluarga.

 

Perkembangbiakan Tupai Terbang

Tupai terbang berkembang biak sekali satu tahun umumnya di bulan Mei atau Juni. Waktu kehamilan tupai terbang seputar 40 hari di mana jumlahnya anak yang dilahirkan pada 2-6 ekor.
Anak tupai terbang terlahir gundul, mata tertutup, dengan kulit berwarna merah transparan.

Tipai terbang jawa
Tupai terbang dan anaknya

 

Berat bayi tupai terbang sekitar pada 3-6 gr dengan panjang 60 mm. Sesudah 2 minggu berat mereka bertambah jadi 10-15 gr.

Seputar umur 4 minggu, mata anak tupai telah mulai terbuka serta badan mereka telah seutuhnya ditumbuhi bulu dengan berat tubuh 25 gr serta panjang 15 cm.

Di minggu-minggu setelah itu, anak tupai mulai berlatih melompat serta melayang-layang. Sesudah 7 minggu tupai terbang remaja telah dapat melayang-layang sampai 1,8 m, serta akan betul-betul mandiri sesudah berumur 12 minggu.Tupai terbang akan dewasa dengan seksual seputar 1-2 tahun serta siklus kembali berulang.

 

Makanan Tupai Terbang

Makanan tupai terbang di alam liar di antaranya : buah-buahan, kacang-kacangan, jamur, telur burung, serta serangga (ngengat). Sumber makanan utama tupai terbang ialah truffle, jamur langka yang disebut jamur termahal di dunia. Waktu suplai makanan rendah, tupai terbang bakal menaruh lumut serta biji-bijian menjadi cadangan makanan mereka.

Sugar glider
Sugar glider bukan tupai terbang

Tupai terbang masuk dalam subclass hewan berplasenta, yakni hewan yang sewaktu janin berkembang dalam plasenta didalam badan induknya.

Akan tetapi ada saatnya dimana cuaca jelek waktu musim dingin, tupai terbang akan batasi kegiatan mereka pada malam hari.