Cara Melacak Keberadaan Smartphone Dengan Aplikasi

mengamankan handphone

Kamu kemungkinan besar pernah mengalami situasi lupa meletakkan smartphone dan kesulitan untuk menemukannya. Google sebenarnya telah memiliki fitur melacak keberadaan smartphone dengan Device Manager sejak tahun 2013 lalu, tetapi kini fitur tersebut diperbarui dengan bentuk aplikasi Find My Devide. Fitur pelacakan keberadaan smartphone sebenarnya secara otomatis telah terpasang pada sistem operasi Android KitKat dan generasi setelahnya.

Persiapan Mengaktifkan Find My Device

Sebelum kamu mengalami kesulitan dan kebingungan karena lupa meletakkan smartphone kamu, ada baiknya membaca cara mudah mengaktifkan fitur pelacakan berikut guna mengantisipasi hal tersebut. Salah satu hal penting untuk memaksimalkan manfaat aplikasi Find My Device adalah dengan mengaktifkan GPS dengan akurasi tertinggi. Langkah yang harus kamu lakukan adalah membuka menu pengaturan dan aktifkan lokasi serta memilih opsi akurasi tinggi. Pilihan pengaturan GPS ini dapat memberikan informasi lokasi atau letak dengan akurasi hingga 10 meter. Setelah itu, kamu dapat melakukan instalasi aplikasi Find My Device dengan mengunduhnya dari Google Play Store secara gratis.

Mengaktifkan Find My Device

Sedangkan langkah untuk mengaktifkan aplikasi Find My Device dapat dilakukan dengan membuka menu setting atau pengaturan dan membuka menu Google. Kemudian buka pilihan keamanan atau secutiry dan pilih tab Find My Device untuk kemudian mengaktifkan fitur tersebut. Kamu akan memperoleh beberapa cara untuk mengetahui keberadaan smartphone yang hilang melalui situs Android, mesin pencari Google dan melalui aplikasi Find My Device setelah melakukan aktivasi aplikasi tersebut. Setelah aplikasi tersebut aktif, maka kamu akan bisa memperoleh kegunaan berikut ini untuk melacak keberadaan smartphone yang hilang atau lupa lokasi meletakkannya.

Tutorial Memanfaatkan Aplikasi Find My Device

Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan aplikasi Find My Device untuk menemukan lokasi atau posisi sebuah smartphone yang tidak diketahui keberadaannya.

  • Mengetahui Lokasi Terakhir

Smartphone yang tidak diketahui lokasi keberadaannya dan dalam kondisi mati atau tidak terkoneksi ke internet akan membuatnya lebih sulit dicari. Aplikasi Find May Device dapat meningkatkan potensi menemukan smartphone dengan kondisi tersebut melalui pelacakan lokasi terakhir terkoneksi ke internet. Cara ini dilakukan dengan melakukan sinkronisasi dengan Google Maps yang otomatis mencatat lokasi perpindahan sebuah smartphone selama terkoneksi ke internet.

Cara yang bisa kamu lakukan untuk Melacak Keberadaan Smartphone adalah membuka laman Google dan melakukan pencarian “find my device” atau “ temukan perangkat saya”. Kemudian kamu akan diminta melakukan login akun Google yang tersinkronisasi dengan sistem operasi dan aplikasi di smartphone yang hilang. Kemudian kamu akan bisa mengetahui lokasi terakhir smartphone tersebut tercatat berdasarkan timeline pada Google Maps.

  • Mengetahui Lokasi Koneksi WiFi Terakhir

Selain memberi informasi mengenai lokasi terakhir terhubung dengan internet, aplikasi Find My Device juga dapat memberi kamu informasi kapan smartphone terkoneksi ke jaringan WiFi terakhir kali. Catatan ini juga bisa meningkatkan peluang menemukan smartphone yang secara otomatis terkoneksi ke jaringan WiFi yang ditemui.

  • Mengetahui Informasi Baterai

Meskipun terkesan tidak penting; tetapi informasi seberapa banyak daya baterai tersisa di perangkat smartphone kamu yang hilang bisa menjadi sangat penting. Informasi ini akan memberi kamu perhitungan waktu untuk memperkirakan seberapa lama kamu bisa menemukan smartphone yang hilang sebelum mati kehabisan baterai.

  • Mengatur Dering Smartphone

Salah satu bagian penting dari tutorial menemukan smartphone yang hilang ini ada pada pengaturan dering smartphone sebagai salah satu metode menemukan lokasi. Jika kamu yakin smartphone yang hilang hanya terselip di sebuah ruangan atau di sekitar lokasi kamu berada sekarang; kamu bisa mengaktifkan Play Sound atau fitur dering. Ketika diaktifkan, maka smartphone kamu akan berdering dengan volume maksimal selama 5 menit. Fitur ini tetap akan bekerja meski smartphone kamu dalam mode senyap atau silent.

  • Mengunci Dan Melakukan Reset Smartphone

Jika kamu yakin bahwa smartphone hilang di suatu tempat yang tidak diketahui, kamu bisa melakukan aktivasi kunci smartphone melalui aplikasi Find My Device. Langkah ini dapat meminimalisir resiko pencurian informasi jika smartphone telah berada di tangan pihak yang tidak bertanggung jawab. Bahkan Find My Device memberikan kamu opsi untuk melakukan reset, atau menghapus seluruh data yang ada di smartphone tersebut.

Berhati – hati dan teliti dapat menghindarkan kamu dari resiko kehilangan atau lupa meletakkan smartphone, mengamankan android yang hilang sangat penting sekali di lakukan sehingga kamu tidak perlu melakukan praktek tutorial melacak smartphone dengan aplikasi Find My Device ini.