Manfaat Vaksin Imunisasi Bagi Tubuh Manusia

Manfaat Vaksin Imunisasi Bagi Tubuh Manusia – Apa yang harus kita lakukan dengan imunisasi di sini ? imunisasi adalah yang paling menyelamatkan jiwa.

Perangkat dalam kedokteran yang pernah dikembangkan, vaksin telah menyelamatkan lebih banyak nyawa dalam sejarah umat manusia daripada intervensi medis lainnya yang pernah dikembangkan.

Itu termasuk semua obat dan semua operasi di Amerika Serikat, oleh karena itu tidak pernah terlihat lagi anak-anak dengan penyakit polio dan sebagainya.

Manfaat Vaksin Bagi Tubuh

Manfaat untuk anak

Manfaat vaksin untuk adanak adalah mencegah penyakit dan kemungkinan cacat dan kematian. Ini karena fisik anak-anak masih sangat lemah, jadi butuh3 perlindungan tambahn.

Manfaat vaksin untuk keluarga

Menghindari perasaan cemas jika keluarga kita masuk rumah sakit untuk biya pengobatan anak. Orang tua yang memberikan vaksin kepada anaknya, akan percaya bahwa anaknya akan tumbuh dengan sehat dan aman.

Manfaat untuk orang tua

Orang dengan predikat tua biasanaya berumur  diatas 55 tahun. Orang tua cenderung kekebalan tubuhnya menurun. Jadi sebelum mencapai umur tersebut, pada umur 40 sebaiknya sudah di vaksin.

Kekebalan menurun tersebut bisa dipengaruhi oleh penyakit yang di miliki.

Manfaat untuk negara

Manfaat vaksin untuk negara adalah meningkatkan tingkat kesehatan bagi setiap anak bangsa, sehingga bisa menjadi bangsa yang kuat karena berbadan sehat. Anak muda yang kuat bisa melanjutkan pemerintahan negara.

Manfaat untuk orang sekitar

Jika suatu daerah atau kampung mayoritas masyarakatnya sudah di vaksinasi. Maka yang belum di vaksin juga akan terlindungi dari penyakit yang berhubungan dengan vaksin tersebut. Contohnya vaksin kanker serviks. Maka di lingkungan tersebut akan terhindar dari penyakit kanker serviks.

Proses menghilangkan penyakit di suatu lingkungan disebut dengan eradikasi. jika pada suatu lingkungan dilakukan vaksin namun hanya mencapai angka 90% dari 100%. Maka vaksin tersebut telah diianggap berhasil.

Cara suntik vaksin

cara suntik vaksin

Vaksinasi bisa di lakukan di tubuh manusia dengan cara yang beragam seperti:

  1. Dengan cara suntikan ke otot (intra muskular atau im)
  2. Lapisan bawah kulit atau
  3. Ada yang dimasukkan melalui cairan melalui mulut. Contohnya vaksin kolera dan vaksin polio.

sumber: https://cegahkankerserviks.org/