Detective Conan Dipastikan Rehat dalam Waktu yang Lama

JAKARTA – Penggemar manga Detective Conan sepertinya harus bersabar menantikan kelanjutan kisah seru petualangan Conan Edogawa dan teman-temanya. Baca komik ini mengumumkan akan hiatus selama 7 pekan.

Menurut laporan Anime News Network, serial manga kondang ini tidak akan terbit dari edisi 33—39 Weekly Shonen Jump. Hiatus selama hampir dua bulan itu akan memberi penulis Detective Conan, Gosho Aoyama, banyak waktu untuk melakukan riset. Detective Conan diperkirakan akan kembali dengan cerita dahsyat pada edisi 40 majalah itu tahun ini.

Bagi penggemar beratnya, kabar itu bukanlah kabar yang sepenuhnya buruk. Di saat Detectiva Conan hiatus, Shonen Jump mengumumkan bahwa spin-off serial ini, yaitu Detective Conan: Zero’s Tea Time, akan dijadikan serial tersendiri.

Dikutip dari ComicBook.com, secara umum, majalah ini berniat menggunakan Zero’s Tea Time untuk tetap menjaga para pembacanya. Spin-off ini dibuat Takahiro Arai dan dilaporkan tidak akan diterbitkan kecuali Detective Conan butuh istirahat.

Sejak awal tahun ini, Detective Conan sudah mengalami hiatus panjang karena Aoyama harus menjalani perawatan medis. Penulis berusia 55 tahu itu butuh waktu untuk me-recharge dan akhirnya tidak menulis lagi selama berbulan-bulan.

Serial ini kembali terbit pada 11 April dan terus berjalan sejak saat itu. Sebelummya, Aoyama pernah berhenti menulis selama dua bulan untuk riset pada Oktover 2017 dan kembali pada akhir November tahun itu.

Detective Conan adalah salah satu serial baca komik romance tersukses selama puluhan tahun. Cerita ini sudah terbit di Shonen Jump sejak 1994 dan sudah diadaptasi ke animasi.

Dengan semua itu, tidak mengherankan jika Aoyama butuh waktu istirahat. Dia sudah menulis baca komik online ini lebih dari 24 tahun. Pada Oktober 2007, dia mengakui sudah punya ide tentang bagaimana cerita ini berakhir tapi belum siap mengeksekusinya.