Mengenal Lebih Detail Tentang Alat Pacu Jantung

Mungkin tidak banyak yang mengenal alat ini. Namun saya rasa kebanyakan dari anda pernah melihatnya. Alat ini banyak muncul di acara telefisi untuk memperkuat adegan drama, khususnya kondisi dimana seorang pasien kritis dan harus diselamatkan nyawanya. Itulah defibrillator. Kondisi dimana jantung bergetar tidak teratur yang menyebabkan jantung tidak dapat bekerja memompa darah disebut dengan fibrilasi. Sedangkan alat yang digunakan untuk mengatasi hal itu adalah defibrillator.

Pengertian Defibrillator

alat pacu jantung

Dari ulasan singkat pada paragraf pembuka kita bisa menarik dan mengira – ira sendiri. Defibrillator yaitu sebuah alat medis yang digunakan untuk menolong seseorang yang mengalami serangan jantung yang membuat jantung bergetar acak dan tidak dapat menjalankan fungsinya untuk memompa darah. Kondisi seperti ini sangat membahayakan jiwa karena supply oksigen ke otak terhenti. Oleh sebab itu dibutuhkan sebuah alat yang dapat menolongnya dalam waktu secepat mungkin.

Fungsi dan Cara Kerja Defibrillator

Dalam hal ini defibrillator dilengkapi dengan berbagai macam perangkat internal yang dapat bekerja sebagaimana mestinya yaitu memberikan stimulus tegangan listrik dalam ukuran tertentu. Sengatan listrik ini diberikan melalui elektroda yang ditempelkan ke dada pasien. Kejutan listrik akan membuat jantung terhentak yang kemudian akan memulai detaknya dengan normal. Itu harapan yang ingin dicapai dari alat defibrillator.

Jenis Defibrillator

Ada bebrapa jenis defibrillator yang umum kita jumpai di pasaran yaitu defibrillator manual dan otomatis (AED). Biasanya defibrillator manual digunakan di rumah sakit, sedangkan Automted External Defibrillator digunakan untuk keperluan lapangan dan sebagai alat pertolongan di tempat – tempat umum yang banyak dikunjungi orang.

Harga Defibrillator

Mungkin anda penasran, berapa sebenarnya haraga defibrillator ? Kalau kita melihat status alat ini di jajaran alat – alat medis yang ada di rumah sakit. Defibrillator termasuk produk unit yang tidak diproduksi di Indonesia. Memang benar, harganya cukup mahal. Anda bisa cek di toko alkes yang jual defibrillator seperti jualdefibrillator.com, harga defibrillator manual dapat mencapai angka jutaan rupiah. Sedangkan untuk defibrillator otomatis, berkisar antara 30 juta hingga 50 jutaan lebih.