Perbedaan Antara Gatal Alergi Dan Gatal Infeksi Serta 4 Cara Mengobati Alergi Kulit

Gatal adalah suatu keluhan yang sering atau umum terjadi, untuk mengobati atau menghilangkan rasa gatal tersebut pun berbeda-beda tergantung dari penyebabnya. Misalnya saja cara mengobati alergi kulit kulit yang menyebabkan gatal, pengobatannya dengan menggunakan obat alergi, tentu saja jika reaksi alergi gatal yang timbul sudah parah. Jika anda sembarangan mengobati rasa gatal namun tidak diketahui penyebabnya, maka hal tersebut dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan sampai anda menggunakan obat alergi untuk meredakan rasa gatal yang anda rasakan, karena belum tentu rasa gatal yang anda rasakan disebabkan oleh alergi. Karena walaupun anda menggunakan obat alergi untuk menghilangkan gatal tersebut, apabila gatalnya tidak disebabkan oleh alergi maka rasa gatal juga tidak akan hilang.

Gatal memang menjadi salah satu gejala umum yang muncul apabila seseorang memiliki alergi dan akan muncul ketika seseorang terpapar alergen. Gatal juga pasti akan terjadi apabila seseorang memiliki alergi kulit alias alergen atau penyebab alergi yang bersentuhan dengan kulit dan akhirnya menimbulkan alergi seperti misalnya alergi terhadap logam yang mana tidak hanya rasa gatal saja yang muncul namun kulit juga menjadi kemerahan. Karena itulah sangat penting untuk mengetahui cara mengobati alergi kulit. Rasa gatal yang muncul akibat alergi memiliki tingkatan yang bermacam-macam, mulai dari yang ringan, sedang hingga berat.

Walaupun rasa gatal identik dengan reaksi alergi, tidak semua rasa gatal disebabkan oleh alergi atau hasil dari respon berlebihan dari sistem kekebalan tubuh. Terkadang orang-orang salah mengartikan rasa gatal yang muncul sebagai gejala dari alergi. Karena itulah terkadang tak heran apabila pengobatan yang diberikan juga kurang tepat, karena memang dari awal perkiraan penyebab munculnya rasa gatal tersebut sudah tidak tepat. Biasanya jika rasa gatal merupakan salah satu gejala alergi, rasa gatal tersebut akan muncul bersamaan dengan beberapa gejala lainnya seperti ruam atau kulit kemerahan. Memang untuk mengetahui penyebab gatal sedikit sulit karena tidak semua gejala langsung muncul begitu tubuh atau kulit kontak dengan alergen. Beberapa kasus alergi bahkan membutuhkan waktu sebelum akhirnya tubuh merasakan gejala-gejala alergi seperti gatal-gatal. Ada yang membutuhkan waktu beberapa menit, jam bahkan beberapa hari. Namun begitu anda sudah mengetahui penyebab dari rasa gatal tersebut, misalnya disebabkan oleh alergi, lebih mudah untuk mengetahui cara mengobati alergi kulit.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah ciri-ciri alergi kulit yang sering muncul yang harus anda ketahui agar bisa membedakan antara gatal karena iritasi ataupun gatal karena alergi, karena seperti yang disebutkan di atas bahwa gatal akibat alergi biasanya dibarengi dengan munculnya gejala alergi lainnya.

  • Dermatitis atopik

Gejala alergi yang satu ini lebih sering dialami oleh anak-anak, namun terkadang orang dewasa juga mengalaminya. Ciri-ciri yang muncul pada anak-anak adalah ruam pada daerah lutu, kulit kepala, pipi

dan juga sikut. Sedangkan pada orang dewasa biasanya ruam tersebut muncul pada daerah sikut, lipatan lengan, lutut, leher, muka/ wajah atau pergelangan kaki. Ruam tersebut berwarna merah, bersisik dan juga terasa gatal.

  • Dermatitis Kontak Alergi

Alergi kulit yang satu ini akan muncul ketika tubuh bersentuhan dengan alergen, misalnya kontak terhadap parfum, logam dan lain sebagainya. Tak jarang benda-benda lain yang ada di udara seperti serbuk sari yang menempel pada kulit menimbulkan reaksi alergi. Ciri-ciri yang biasanya muncul adalah ruam, bentol-bentol, kulit menjadi kemerahan, bengkak, gatal dan kulit menjadi bersisik.

  • Urtikaria

Nama lainnya adalah biduran, peradangan pada kulit yang muncul karena sistem kekebalan tubuh mengeluarkan histamin ketika tubuh kontak dengan alergen. Ciri-ciri timbulnya biduran adalah adanya bentol-bentol pada tubuh atau bengkak kemerahan yang disertai dengan rasa gatal yang sangat parah. Urtikaria kronis membuat rasa tidak nyaman, bahkan menyakitkan. Karenanya orang-orang yang mengalami biduran akan menggunakan obat tertentu untuk meredakan rasa gatal dan nyeri tersebut. cara mengobati alergi kulit urtikaria berbeda dengan gatal karena penyebab lainnya.

Untuk meredakan rasa gatal akibat alergi yang tidak terlalu parah, ada beberapa cara mengobati alergi kulit yang bisa anda lakukan, tentunya tanpa menggunakan obat-obatan.

  1. Kompres area yang gatal dengan air dingin, apabila seluruh tubuh terasa gatal maka anda bisa mandi dengan air dingin. Lalu keringkan tubuh dengan handuk lembut dan oleskan pelembab.
  2. Gunakan pakaian yang longgar agar kulit tidak bergesekan dengan area yang gatal. Anda bisa menggunakan pakaian yang terbuat dari katun.
  3. Oleskan oatmeal koloid yang sudah dicampur dengan air hangat pada bagian tubuh yang gatal selama 10-15 menit.
  4. Jangan sekali-kali menggaruk bagian yang gatal. Anda bisa menggunakan sarung tangan atau menggunting kuku menjadi pendek agar anda tidak menggaruk bagian yang gatal tanpa sadar seperti ketika tidur.