Panel Surya Pembangkit Listrik Daya Sang Surya di indonesia

Seperti yang kita tau Indonesia mempunyai karunia cahaya sang surya yang lebih. dimana di setiap pelosok Indonesia sang surya bersinar dengan terik sehingga sungguh-sungguh panas, setiap hari sang surya bersinar mulai dari pagi hingga sore. oleh karna itu Daya sang surya yang dipancarkan dapat diubah menjadi daya listrik dengan memakai panel surya / solar cell.

Panel-Surya

Pembangkit Listrik Daya Sang adalah ramah lingkungan, dan sungguh-sungguh menjanjikan. Sebagai salah satu pilihan untuk menggantikan pembangkit listrik memakai uap (dengan minyak dan batubara). Juga bisa digunakan untuk lampu pju

Perkembangan teknologi dalam membikin panel surya / solar cell yang lebih baik dari tingkat efisiensi, pembuatan aki yang tahan lama, pembuatan alat elektronik yang dapat memakai Direct Current, adalah sungguh-sungguh menjanjikan..

Pada saat ini penerapan daya sang surya (solar cell) masih dinikmati mahal karena tidak adanya subsidi. Listrik yang kita pakai saat ini sebetulnya adalah listrik bersubsidi. Bayangkan pengusahaan/ penambangan minyak tanah, batubara (yang merusak lingkungan), pembuatan pembangkit daya listrik uap, distribusi daya listrik, yang semuanya dibangun dengan biaya besar.

Dalam poin ke-ekonomian, pembangkit listrik daya surya mempunyai poin yang lebih tinggi, dimana listrik dari PLN tidak dimungkinkan, maupun instalasi generator listrik bensin maupun solar. Umpamanya daerah terpencil: pertambangan, perkebunan, perikanan, desa terpencil, dan lain-lain. Dari segi jangka panjang, poin ke-ekonomian juga tinggi, karena dengan perencanaan yang baik, pembangkit listrik daya surya dengan panel surya / solar cell mempunyai daya tahan 20 – 25 tahun. Baterai dan beberapa komponen lainnya dengan daya tahan 3 – 5 tahun.

Masih keder ya apa itu Pembangkit Listrik Daya Daya (PLTS)
Pembangkit listrik daya surya adalah : adalah Daya yang terbarukan / tidak pernah habis, yang ramah lingkungan dan sungguh-sungguh menjanjikan. Sebagai salah satu pilihan untuk menggantikan pembangkit listrik memakai uap (dengan minyak dan batubara).

Seperti yang kita ketahui Pada saat ini penerapan daya sang surya (solar cell) masih dinikmati mahal karena tidak adanya subsidi. Dimana Listrik yang kita pakai saat ini sebetulnya adalah listrik bersubsidi. Coba kita bayangkan pengusahaan/ penambangan minyak tanah, batubara (yang merusak lingkungan), dalam pembuatan pembangkit daya listrik uap, distribusi daya listrik, yang semuanya dibangun dengan biaya besar dan pastinya tidak efisien dengan biaya dan dampak yang dimunculkan.

Dengan mengunakan metode daya pembangkti daya surya, dapat mengurangi akan ketergantungan dunia dengan bahan bakar hasil tambang (fosil), coba kita bayangkan daya free dan terus-menerus yang bersumber dari bumi kita, dengan berjalanya waktu persediaan daya yang kita butuhkan akan senantiasa berkurang. Adalah kita dapat mengambil keuntungan dengan mengunakan daya sang surya (solar cell) untuk kebutuhan energy dan dapat dihandalkan dengan untuk mengurangi pengeluaran daya dan ramah lingkungan.

Dalam hal ini senantiasa tertlintas didalam pikiran kita..!!! apabila kita mengunakan listrik dari daya surya (mandiri) apakah memungkinkan? Seperti yang kita ketahui PLN sudah menyediakan listrik dengan biaya murah? Apasih keuntungan memakai listrik mandiri?

Daya Pertanyaan yang menarik..!! Apa keuntungan memakai listrik mandiri dengan memakai solar panel / panel surya:

Daya yang terbarukan / tidak pernah habis.
Menghemat listrik dalam jangka panjang.
Tak panel surya / solar cell panjang / investasi jangka panjang.
Mengurangi pemanasan global.
Bersih dan ramah lingkungan.
Praktis, tidak membutuhkan perawatan.
Sangat tergantung dengan PLN.
Proses pantas untuk daerah tropis seperti Indonesia.

Daya Pertama # Perencanaan Pembangkit Listrik Daya Daya
dimana pembangkit listrik daya surya sungguh-sungguh tergantung terhadap cahaya sang surya, olehkarena perencanaan yang baik sungguh-sungguh diperlukan dan sungguh-sungguh berarti. Ini adalah pengerjaan perencanaan yang baik adalah sebagai berikut:

Tergantung dari jumlah daya yang diperlukan dalam penerapan sehari-hari (Watt)..
Menghitung Berapa banyak arus yang dibuat solar cells panel (setiap Ampere hour), karenanya sungguh-sungguh diperhitungkan berapa jumlah panel surya yang akan kita pasang.
Menghitung Berapa unit baterai yang diperlukan untuk kapasitas yang diinginkan, sehingga dapat mengantisipasi kendala pada waktu tidak adanya cahaya sang surya. (Ampere hour).
Pembangkit listrik daya surya mempunyai poin yang lebih tinggi, dimana listrik dari PLN tidak dimungkinkan, maupun instalasi generator listrik bensin maupun solar. Umpamanya daerah terpencil: pertambangan, perkebunan, perikanan, desa terpencil, dan lain-lain. Dari segi jangka panjang, poin ke-ekonomian juga tinggi, karena dengan perencanaan yang baik, pembangkit listrik daya surya dengan panel surya / solar cell mempunyai daya tahan 20 – 25 tahun. Baterai dan beberapa komponen lainnya dengan daya tahan 3 – 5 tahun.

Daya-komponen yang diperlukan untuk instalasi listrik daya surya, terdiri dari:
dimana disini kita akan membahas tentang komponen-komponen yang diperlukan untuk instalasi listrik daya surya, terdiri dari:

Panel surya / solar panel
Solar panel / panel surya mengkonversikan daya sang surya menjadi listrik. Sel silikon (disebut juga solar cells) yang disinari sang surya/ surya, membikin photon yang mewujudkan arus listrik.

Sebuah solar cells mewujudkan kurang lebih tegangan 0.5 Volt. Jadi sebuah panel surya 12 Volt terdiri dari kurang lebih 36 sel (untuk mewujudkan 17 Volt tegangan maksimum).

Beban kita menghitung maksimum cahaya sang surya yang diubah menjadi daya listrik sepanjang hari adalah 5 jam. Daya listrik pada pagi – sore disimpan dalam baterai, sehingga listrik dapat digunakan pada malam hari, dimana tanpa cahaya sang surya.

Solar charge controller
Solar charge controller berfungsi mengatur lalu lintas dari solar cell ke baterai dan beban. Alat elektronik ini juga mempunyai banyak fungsi yang pada dasarnya dimaksudkan untuk melindungi baterai.

Inverter
Inverter dalah perangkat elektrik yang mengkonversikan tegangan sejajar (DC – direct current) menjadi tegangan bolak balik (AC – alternating current).

Baterai
Baterai berfungsi menyimpan arus listrik yang dibuat oleh panel surya sebelum dimanfaatkan untuk menggerakkan beban. dapat berupa lampu penerangan atau peralatan elektronik lainnya yang membutuhkan listrik.