Inilah 3 Metode Sterilisasi Yang Banyak Digunakan Di Berbagai Tempat

Mendengar kata sterilisasi, pikiran kita pasti tertuju pada kuman dan bakteri. Memang benar, sterilisasi berhubungan dengan dua jenis mikro organisme tersebut. Pengertian sterilisasi itu sendiri yaitu proses atau kegiatan menghilangkan mikro organisme patogen yang menempel pada satu benda menggunakan cara tertentu untuk membuat benda terbebas dari mikro organisme tersebut.

metode sterilisasi

Cara atau metode sterilisasi secara umum dapat kita bagi menjadi tiga. Yaitu, cara mekanik, fisik dan kimiawi. Ketiga metode tersebut memiliki karakter yang berbeda dan biasanya disesuaikan dengan penggunaanya. Beriku ini akan kita bahsa 3 metode sterilisasi tersebut secara umum.

3 Metode Sterilisasi Yang Banyak Digunakan

1. Metode Mekanik

Metode mekanik dalam proses sterilisasi yaitu dilakukan dengan filtrasi. Metode ini digunakan untuk mensterilkan benda cair seperti larutan kimia dan sejenisnya. Filtrasi atau penyaringan dalam metode ini dilakukan dengan menggunakan alat berupa filter dengan pori – pori yang sangat kecil. Filtrasi ini bertujuan untuk menyaring bakteri dan mikro organisme lain dalam satu cairan tertentu agar steril.

2. Metode Fisik

Metode sterilisasi berikutnya yaitu metode fisik, yaitu dengan pemanasan dan penyinaran. Metode fisik dengan pemanasan terbagi menjadi dua jenis yaitu panas kering dan panas uap. Metode fisik dengan pemanasan sering digunakan di rumah sakit untuk sterilisasi alat kesehatan. Sedangkan metode penyinaran dilakukan menggunakan radiasi sinar UV. Metode ini biasa digunakan dalam industri pembuatan air mineral. Dan juga bisa digunakan untuk mensterilkan ruangan.

3. Metode Kimiawi

Metode sterilisasi kimiawi yaitu satu metode pembersihan benda atau alat dengan menggunakan cairan kimia seperti seperti alkohol dan zat – zat kimia lainnya. Metode sterilisasi ini tidak sebatas pada benda, tapi tangan kita juga dapat disterilkan dengan menggunakan cairan dn gel antiseptic .

Adakah metode lain yang digunakan dalam proses sterilisasi selain dari ketiga metode tersebut ? Secara umum kita bisa katakan tidak ada. Metode pembakaran langsung dan metode boiling bisa kita masukkan dalam kategori metode fisik. Demikian saja sedikit ulasan singkat mengenai metode sterilisasi yang banyak digunakan. Sekian, semoga bermanfaat !