Bagaimana Memulai Bisnis di Cina

Related image
Pendirian PT

 

Artikel ini berfokus pada apa yang diperlukan untuk membentuk Entitas Sepenuhnya Milik Asing (WFOE) di China. Perusahaan asing dapat masuk ke China sebagai WFOE, sebagai Kantor Perwakilan (RO), atau sebagai bagian dari Joint Venture (JV). Selama beberapa tahun terakhir, lebih dari setengah dari semua perusahaan asing memilih untuk masuk ke China sebagai WFOE.  Jasa pendirian PT

Tangga


(1).  
Tentukan apakah WFOE yang diusulkan akan melakukan bisnis yang disetujui untuk investasi asing oleh pemerintah Cina. Misalnya, Cina melarang pihak swasta dari 100% terlibat dalam penambangan, pendidikan, rumah sakit dan lain-lain. Pastikan bisnis Anda akan legal.

(2).  
Berikan dokumentasi. Investor di / pemilik WFOE harus memberikan dokumentasi dari negara asalnya membuktikan bahwa itu adalah perusahaan yang dibentuk dan valid secara sah, bersama dengan bukti yang menunjukkan orang dari investor yang berwenang untuk mengeksekusi dokumen atas nama investor. Investor juga harus menyediakan dokumentasi yang menunjukkan kecukupan keuangannya di negara asalnya.

(3).   
Punya dokumen yang benar. Dokumen-dokumen berikut biasanya diperlukan dari entitas bisnis investasi:
Anggaran Dasar atau yang setara (salinan)
Izin usaha, baik nasional maupun lokal (jika ada) (salinan)
Sertifikat Status (asli) (AS dan Kanada) atau salinan resmi dari Daftar Perusahaan untuk investor atau dokumen serupa (asli) (yurisdiksi Hukum Perdata)
Surat Bank yang membuktikan status akun perusahaan investor (asli).
Deskripsi kegiatan bisnis investor, bersama dengan materi tambahan seperti laporan tahunan, brosur, situs web, dll.

(4).   
Kirimkan keempat dokumen di atas dalam bahasa Cina dan distempel oleh lembaga terjemahan yang relevan. Yang terakhir dapat diterjemahkan ke dalam bahasa Cina atau diringkas dalam bahasa Cina.

(5).   
Berikan bukti kepemilikan. Banyak investor menciptakan perusahaan tujuan khusus untuk melayani sebagai investor di Cina. Regulator perusahaan China telah terbiasa dengan proses ini. Namun, regulator Cina akan sering masih mencari untuk melacak kepemilikan investor asing kembali ke perusahaan bisnis yang beroperasi dan layak.

(6).   
Dapatkan persetujuan pemerintah China untuk proyek tersebut. Di Cina, tidak seperti di kebanyakan negara di mana perusahaan Barat cenderung akrab, persetujuan proyek oleh otoritas pemerintah yang relevan merupakan bagian integral dari proses pendaftaran perusahaan. Jika proyek tidak disetujui, perusahaan tidak akan terdaftar. Dokumen berikut untuk WFOE yang diajukan harus disiapkan untuk pendaftaran / persetujuan proyek:
Anggaran Dasar. Dokumen ini akan mengatur semua rincian manajemen dan kapitalisasi perusahaan. Tidak ada yang bisa ditinggalkan untuk penentuan di masa depan; semua masalah dasar perusahaan dan proyek harus ditentukan sebelumnya dan dimasukkan dalam Anggaran. Ini termasuk direktur, manajemen lokal, alamat lokal, aturan khusus tentang lingkup kewenangan manajer lokal, alamat perusahaan, dan modal terdaftar.
Studi kelayakan. Proyek ini tidak akan disetujui kecuali pihak berwenang setempat yakin itu layak. Ini biasanya membutuhkan rencana bisnis dan anggaran dasar tahun pertama. Kami biasanya menggunakan klien yang menghasilkan rencana bisnis dan anggaran untuk menyusun studi kelayakan (dalam bahasa Cina) yang akan memenuhi persyaratan dari otoritas persetujuan China.


Sewa: Perjanjian untuk semua sewa yang disyaratkan harus disediakan. Ini termasuk sewa ruang kantor dan sewa gudang / pabrik. Sudah menjadi kebiasaan di Cina untuk membayar sewa satu tahun sebelumnya dan ini harus diperhitungkan dalam merencanakan anggaran karena pihak berwenang pemerintah akan mengharapkan ini. Tetapi agen layanan Cina biasanya dapat menawarkan Anda alamat pendaftaran secara gratis. Jadi sewa tidak diperlukan jika bisnis Anda yang terlibat tidak diatur untuk mendaftar di bawah alamat yang sebenarnya. Paling sering, tempat pendaftaran dan tempat operasi tidak sama.    Pendirian PT


Usulan gaji pegawai dan anggaran manfaat. Jika orang-orang tertentu yang akan bekerja untuk perusahaan belum diidentifikasi, seseorang harus menentukan posisi dan paket gaji / tunjangan yang diusulkan. Manfaat bagi karyawan di Cina biasanya berkisar dari sekitar 30% hingga 40% dari gaji pokok karyawan, tergantung pada lokasi bisnis. Pengusaha asing dipegang dengan standar yang ketat dalam membayar jumlah tunjangan ini. Investasi awal yang diperlukan termasuk jumlah yang cukup untuk membayar gaji untuk jangka waktu yang wajar selama fase awal perusahaan Cina.
e. Dokumentasi lain yang diperlukan untuk bisnis tertentu yang diusulkan. Semakin kompleks proyek, semakin banyak dokumentasi yang akan ditinjau kembali